#TripAsikBigBird ke Cimaja

Seringkali trip yang direncanakan justru tidak jadi. Sebaliknya yang dadakan malah hampir pasti jadi.
Itulah yang saya alami akhir pekan lalu. Berawal dari ajakan (entah siapa) yang mengaku kekurangan vitamin sea, saya dan teman-teman pun sejenak keluar kota. Tujuan kami adalah pantai Cimaja yang konon terkenal dengan ombaknya dan menjadi destinasi favorit peselancar.
Namanya juga trip dadakan, persiapannya pun mepet. Bahkan jumlah peserta berubah hingga malam sebelum keberangkatan. Kendala lain yang dihadapi saat trip dadakan adalah soal reservasi penginapan dan transportasi. Untungnya dalam hal transportasi kita terbantu dengan sistem reservasi online bluebird. H-1 kita pesan masih bisa, udah gitu ada diskon 15% kalau pesan online.
Melalui sistem reservasi online BlueBird ini kita bisa melakukan pemesanan terhadap beberapa layanan transportasi Blue Bird. Untuk trip ke Cimaja ini kami memesan bus Big Bird. Pertimbangan kami adalah nama besar Blue Bird yang sudah teruji serta kenyamanan yang bakal kami dapatkan sepanjang perjalanan. Sudah bukan rahasia kalau jalur Jakarta-Sukabumi yang kami lewati macet. Jadi kenyamanan menjadi pertimbangan penting.
Rombongan berangkat dari RS Aini sekitar jam 5 pagi. Sempat mampir Tebet dan Cibubur untuk beli sarapan dan jemput temen kami mengarungi jalur Jakarta-Sukabumi yang macet. Setelah enam jam kami akhirnya sampai di lokasi tujuan.

850633696_74333
Oh ya, untuk menuju Cimaja ini kita harus melalui pos masuk Pantai Teluk dan dikenakan retribusi sebesar 70 ribu rupiah. Jangan lupa meminta bukti pembayaran retribusi. Kami sempat hampir kena pungli petugas. Sewaktu melewati pos masuk petugas meminta uang retribusi sebesr 135 ribu rupiah, namun setelah kami minta struknya hanya dikenakan 70 ribu rupiah sesuai struk. Waspadalah!

IMG_20151025_131738
Tempat menginap yang kami pilih adalah Karang Aji Beach Villa. Penginapan ini letaknya agak ke atas, sekitar 10 sampai 15 menit berjalan kaki dari bibir pantai. Yang paling menyenangkan dari penginapan ini tentu saja pemandangannya. Letaknya yang agak ke atas membuat kita bisa melihat bentangan pantai di Cimaja. Arsitekturnya pun unik, seluruh bangunan terbuat dari kayu dengan konsep etnik.

IMG_20151017_123626

IMG_20151017_125904

850632918_75430Sekitar jam 1 siang selepas check-in di penginapan, kami pun makan siang di restoran Cimaja Square. Kami memilih tempat ini karena banyaknya rekomendasi dari blog maupun situs jejaring sosial.
Menu makanannya terbilang standar rumah makan di Jakarta. Ada nasi goreng, mie goreng hingga menu bergaya western seperti Pasta dan Fish and Chips. Harganya pun masih masuk akal untuk daerah wisata. Satu porsi sekitar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah. Tak jauh beda dengan harga makanan di restoran-restoran di Jakarta.
Cimaja Square rupanya dikelola oleh kakak beradik yang juga merupakan artis, yakni Bucek Deep dan Fathir. Kalau ndak tahu siapa mereka, cobalah sering-sering nonton FTV lokal, jangan cuma sinetron India saja!

Atas rekomendasi Fathir sang pemilik restoran, kami menghabiskan sore hari di Sunset Beach. Pantai ini memang tak memiliki pasir putih layaknya pantai-pantai tujuan wisata pada umumnya, namun yakinlah pantai ini adalah destinasi trip yang keren. Terutama pada sore hari saat matahari tenggelam, suasanannya sungguh menyenangkan.
Seperti saya singgung di atas, pantai di Cimaja ini menjadi salah satu tujuan peselancar. Ombaknya yang besar membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menghabiskan waktu dengan berselancar di pantai ini. Meski demikian pantai ini tetap bisa dinikmati tanpa berselancar. Berhati-hatilah jika mengunjungi pantai ini ombaknya cukup besar sehingga bisa terseret. Selain itu, karena pantai ini menghadap ke selatan sangat disarankan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau untuk menghormati tradisi setempat.

IMG_20151017_170737

850637676_74476

Oh ya, jangan lupa siapkan uang 50 ribu rupiah jika mengunjungi pantai ini. Seperti umumnya tempat wisata lain di Indonesia, di pantai ini penduduk setempat menarik uang dari wisatawan. Di Sunset Beach kami dikenakan biaya parkir dan kebersihan sebesar 50 ribu rupiah. Besaran 50 ribu rupiah untuk satu rombongan kami rasa masih masuk akal untuk uang parkir dan kebersihan.
Berakhir pekan ke Cimaja menjadi salah satu agenda yang layak dipertimbangkan untuk weekend getaway. Pantainya bersih, pemandangannya cantik. Pantai ini selain cocok buat peselancar juga cocok buat mereka yang senang bersantai, leyeh-leyeh maupun mager saat akhir pekan.

NB: beberapa foto hasil jepretan @reje_ dan @ChicMe

4 pemikiran pada “#TripAsikBigBird ke Cimaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s