Dari Windows 8 (bersiap) lompat ke Windows 10

Pengguna Mac OSX kini bisa tersenyum tiap ada rilis baru. Sejak seri 10.8 Mountain Lion pada 2012 upgrade OSX dapat dilakukan tanpa biaya. Pengguna tinggal mengunduh lewat Apple Store dan sistem operasi baru langsung terpasang. Kemewahan yang tidak didapat pengguna Windows.

Microsoft selaku pengembang Windows nampaknya menyadari hal ini dan mencoba mengikuti jejak kompetitornya. Pada Januari 2015 lalu perusahaan piranti lunak ini mengumumkan bahwa pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 dapat mengunduh Windows 10 secara gratis. Tentu saja jika perangkat keras yang terpasang mendukung.

Pengumuman ini diikuti dengan kemunculan aplikasi “Get Windows 10” yang dapat diperoleh melalui Windows Update. Dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan “reservasi” terlebih dahulu. Jika Windows 10 sudah tersedia untuk diunduh, pegguna akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaharuan sistem operasi.

Kebetulan sistem operasi yang terpasang di laptop saya masih Windows 8. Untuk mendapatkan Windows 10, tentu saja saya harus naik ke Windows 8.1. Saya yang tidak suka melakukan pembaruan sistem operasi mendadak terdorong melakukannya. Kapan lagi bisa dapat Windows (asli) dengan mengunduh gratis.

Begitu saya cek di aplikasi Store, Windows 8.1 sudah tersedia untuk diunduh. Namun saat mencoba mengunduh saya mendapati notifikasi untuk melakukan pembaruan sebelum bisa mengunduh Windows 8.1. Saya langsung masuk ke aplikasi Windows Update dengan niat memperbarui Windows, namun ketika mendapati saya harus mengunduh puluhan berkas dengan total 1,7 GB niatan tersebut saya urungkan. Buat apa mengunduh pembaharuan sebanyak itu kalau nantinya cuma jadi batu loncatan? Toh sistem operasi yang baru nanti tentunya sudah lebih canggih.

Hal yang membuat saya semakin malas adalah lamanya waktu pembaruan. Sudah jadi rahasia umum kalau pembaruan Windows memakan waktu yang lama. Untuk pembaruan sebesar 10 MB saja lama, apalagi 1,7 GB.

Saya pun mencari cara bagaimana tetap bisa naik ke Windows 8.1 tanpa mengunduh pembaruan sebesar itu. Setelah memohon petunjuk mbah Google saya pun menemukan tautan ini. Di situs resmi Microsoft disebutkan kalau kita cukup mengunduh dua berkas pembaruan untuk dapat memperoleh Windows 8.1. Dua berkas tersebut adalah pembaruan KB2871389 dan KB2917499.

Tanpa pikir panjang saya coba pasang dua pembaruan tersebut melalui Windows Update. Usai terpasang saya kembali ke aplikasi Store dan langsung mengunduh Windows 8.1.

win81store

Untuk mengunduh sekaligus memasang Windows 8.1 ini memakan waktu cukup lama. Maklum berkas yang harus diunduh cukup besar, sekitar 3.5 GB. Belum lagi proses pemasangan yang melibatkan restart. Saya sendiri waktu itu menghabiskan waktu sekitar tiga jam lebih.

Bersiap reservasi Windows 10

Usai pemasangan Windows 8.1 ternyata masih ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum bisa melakukan reservasi Windows 10. Hal pertama (dan paling menyebalkan) adalah (lagi-lagi) melakukan pembaruan Windows. Duh… Windows Update….

Serupa dengan trik untuk mengunduh Windows 8.1 ternyata kita cukup mengunduh dua pembaruan saja. Kali ini pembaruan yang harus diunduh adalah KB3035583 dan KB2976978. Keduanya bisa dicari di opsi Optional/recommended pada Windows Update.

Meski dua pembaruan tersebut sudah diunduh ternyata pada beberapa kasus aplikasi Get Windows 10 tetap tidak muncul. Hal ini juga saya alami. Lagi-lagi saya harus kembali mencari jawaban melalui mbah Google.

Melalui bisikan mbah Google saya ketemu tautan ini. Ternyata untuk memunculkan aplikasi Get Windows 10 kita harus melakukan manual melalui script sederhana. Untuk menjalankannya cukup dilakukan dengan:

  1. Buka notepad atau teks editor apapun yang kita nyaman
  2. salin dan tempelkan script dibawah:

REG QUERY “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AppCompatFlags\UpgradeExperienceIndicators” /v UpgEx | findstr UpgEx
if “%errorlevel%” == “0” GOTO RunGWX
reg add “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AppCompatFlags\Appraiser” /v UtcOnetimeSend /t REG_DWORD /d 1 /f
schtasks /run /TN “\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser”
:CompatCheckRunning
schtasks /query /TN “\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser”
schtasks /query /TN “\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser” | findstr Ready
if NOT “%errorlevel%” == “0” ping localhost >nul &goto :CompatCheckRunning
:RunGWX
schtasks /run /TN “\Microsoft\Windows\Setup\gwx\refreshgwxconfig”

  1. Simpan berkas sebagai ReserveWindows10.cmd
  2. Jalankan melalui command prompt Windows.
  3. Tunggu script selesai bekerja. Saya sendiri harus menunggu sekitar 30 menit sampai muncul ikon windows di kanan bawah. Ikon tersebut adalah ikon aplikasi Get Windows 10.
  4. Klik ikon Windows di pojok kanan bawah, dan ikuti petunjuk aplikasi untuk melakukan reservasi Windows 10.

logo Get Windows 10

Sekarang tinggal menunggu waktu rilis Sistem Operasi terbaru dari Microsoft ini. Kabarnya Windows 10 siap diunduh pada 29 Juli. Jangan lupa siapkan waktu dan koneksi Internet, karena bisa dipastikan ukuran berkas yang harus diunduh cukup besar.

Skrinshut Get Windows 10

Saya sendiri cukup antusias dengan kabar rilis sistem operasi terbaru ini. Start menu yang hilang di versi 8.x akan kembali muncul. Belum lagi kebiasaan kebiasaan setiap rilis Windows dimana satu versi yang kurang sukses akan diikuti versi yang sukses. Windows 8.x sendiri meskipun cukup stabil namun saya rasa kurang sukses. Masih banyak issue terkait antarmuka pengguna yang menjadi PR Micrsoft. Mudah-mudahan saja Windows 10 bisa lebih nyaman dan lebih stabil.

Iklan

2 pemikiran pada “Dari Windows 8 (bersiap) lompat ke Windows 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s