Memilih Ponsel dengan Chipset Handal

Banyak pertimbangan saat seseorang hendak membeli ponsel pintar. Sebutlah resolusi kamera, ukuran layar atau sekedar ingin terlihat “kekinian”. Tak jarang orang menghabiskan waktu berhari-hari untuk googling informasi ponsel yang ingin dibeli. Varian ponsel yang jumlahnya sangat banyak menuntut konsumen harus jeli dalam memilih produk.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih ponsel pintar adalah chipset. Komponen ini seperti otaknya ponsel. Chipset berfungsi untuk melakukan semua proses olah data. Dengan fungsi yang sangat vital tentunya chipset yang tertanam akan menentukan kehandalan ponsel. Semakin canggih dan handal chipset yang ditanam tentu semakin handal ponsel tersebut.

Kecanggihan suatu chipset sering dikaitkan dengan kecepatan dan jumlah core (inti). Hal ini tak sepenuhnya salah, secara teori memang dengan kecepatan lebih tinggi dan jumlah core lebih banyak kemampuan olah data suatu prosesor/chipset akan lebih besar.

Namun selain dua hal tersebut, faktor rancangan juga berpengaruh. Tak jarang kita menemui dua chipset dengan jumlah core dan kecepatan yang sama memiliki tingkat kehandalan yang berbeda. Hasil benchmark AnTuTu misalnya, menunjukkan performa berbeda untuk dua chipset, meski memiliki kecepatan yang sama.

Salah satu chipset yang cukup handal adalah Snapdragon. Chipset besutan Qualcomm ini banyak ditemui di sebagian besar ponsel pintar Android. Snapdragon dikenal kaya fitur. Situs review gadgetstouse.com menyebut Snapdragon sebagai produk dengan inovasi terdepan. Tak heran jika Snapdragon sangat populer di kalangan produsen ponsel.

snapdragon-system-on-a-chip

Snapdragon sendiri memiliki beberapa seri menyesuaikan pangsa pasar. Snapdragon seri 2xx biasa ditemui pada ponsel low-end, seri 4xx pada kelas menengah, sedangkan seri 8xx banyak ditemui pada ponsel kelas atas atau flagship. Tak heran jika hasil tes gsmarena.com sering menempatkan Snapdragon 8xx di tempat teratas.

Sebagai chipset kelas atas Snapdragon seri 8xx dipersenjatai dengan sejumlah fitur handal. Snapdragon 801 yang merupakan varian “terendah” untuk seri 8xx saja sudah dilengkapi dengan teknologi LTE, Bluetooth 4.0, kemampuan merekam video UltraHD (4K), dual image processor yang memungkinkan pengambilan gambar dengan resolusi lebih tinggi serta prosesor sinyal digital untuk kualitas audio maksimal. Fitur tersebut didukung teknologi quad core Krait hingga kecepatan 2.5 Ghz dan unit pengolah grafis Adreno 330.

Meski menanamkan sejumlah fitur canggih, tak membuat Qualcomm lupa memperhatikan efisiensi baterei, hal yang sangat krusial dalam sebuah ponsel. Teknologi fabrikasi 28nm HPM (high performance mobile) membuat chipset ini memiliki konsumsi listrik lebih efisien dibanding pendahulunya. Selain itu, Qualcomm juga menanamkan teknologi Quick Charge 2.0 yang dapat mempercepat pengisian baterei hingga 75%.

Salah satu ponsel yang menggunakan chipset Snapdragon 801 ini adalah Oppo N3. Ponsel penerus Oppo N1 ini tak hanya bergantung pada kecanggihan Snapdragon, namun juga melengkapinya dengan memory 2GB serta media penyimpanan internal hingga 32 GB. Oppo juga melengkapi ponsel ini dengan fitur unik, yakni kamera beresolusi 16 Megapixel yang dapat diputar untuk mengambil foto selfie.

n3_view_3

Situs gsmarena.com dalam tesnya menyebut Oppo N3 sebagai ponsel yang mampu bersaing dengan sejumlah ponsel papan atas lainnya. Oppo N3 sendiri sebetulnya tak bisa disebut sebagai yang terbaik. Hal ini bisa dimaklumi mengingat ponsel ini “hanya” dipersenjatai dengan Snapdragon 801. Beredarnya ponsel dengan chipset Snapdragon 805 yang lebih tinggi turut mempengaruhi hasil pengujian. Meski sebetulnya perbedaan kinerja hasil pengujian tak terlalu signifikan dan pengguna biasa tak akan merasakan perbedaan berarti.

Satu pemikiran pada “Memilih Ponsel dengan Chipset Handal

  1. Ping-balik: matriphe!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s