Upgrade ke Windows 8 ? Tunggu Dulu

Belum lama ini Microsoft mengeluarkan seri terbaru sistem operasi Windows. Seri yang diberi nama Windows 8 ini konon menyimpan banyak fitur baru yang canggih. Oke, kalo mau tau fitur canggih dan hasil test Windows 8 silahkan gugling saja. Udah banyak yang cerita soal kecanggiham Windows 8.
Sebagai pengguna biasa yang masih setia dengan Windows XP (asli loh!) saya ndak akan bahas soal Windows 8 secara detail. Saya cuma melihat catatan menarik dalam rilis seri Windows.windows-logo-history

Kalau diperhatikan, ada tren menarik dalam rilis seri Windows. Satu seri Windows yang sukses biasanya diikuti seri Windows yang kurang sukses. Seri Windows yang sukses dan kurang sukses ini selalu bergantian. Tren ini dimulai sejak era Windows 98. Windows 98 yang sukses diikuti Windows 2000/ME yang kurang sukses. Windows 2000/ME kemudian diikuti Windows XP yang sukses luar biasa. Setelah itu muncul Windows Vista yang banyak dikritik. Vista selanjutnya diikuti Windows 7 yang cukup sukses.
Menariknya, setiap rilis Windows selalu membutuhkan lompatan spesifikasi hardware yang lumayan. Entah itu kebutuhan memori, harddisk atau CPU. Dengan kata lain kalau hardware yang dimiliki saat ini tergolong standar, maka untuk upgrade ke Windows versi terbaru membutuhkan upgrade hardware.
Melihat tren tersebut, jika berencana upgrade ke platform Windows 8 sebaiknya pertimbangkan dengan matang. Setidaknya lihat dulu perkembangan Windows 8 dalam setahun ke depan. Apakah Windows 8 akan mengulang trend kegagalan sebelumnya ataukah justru ini product yang akan mendobrak trend tersebut.
Satu lagi yang menarik, mayoritas aplikasi yang dirilis untuk platform Windows dalam 2 tahun terakhir masih mensyaratkan minimum requirement Windows XP.
Mengutip kata-kata @saifulmuhajir beberapa waktu lalu, sistem operasi membutuhkan ekosistem baik user maupun developer untuk mendukung keberhasilnnya. Untuk kasus windows 8, layak ditunggu apakah Windows 8 mampu beradaptasi dan meyakinkan ekosistem Windows yang ada untuk berpihak kepadanya.

4 pemikiran pada “Upgrade ke Windows 8 ? Tunggu Dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s